Berita Hari Ini : Proyek Fiktif, Kantor Gubernur Papua Digeledah KPK

0
683
Jubir KPK Febri DIansyah
Copyright ©Antara

Proyek Fiktif, Kantor Gubernur Papua Digeledah KPK

Newsth.com – Kantor Gubernur Papua yang ada di Jl Soa Siu Dok 2 Jayapura Papua digeledah oleh KPK. Penggeladahan dilakukan terkait kasus dugaan proyek fiktif pembangunan jalan Kemiri-Depapre.

KPK dan Bareskrim Polri menggeledah kantor Gubernur Papua hari ini Kamis 2 Februari 2017. Adapun ruang yang digeledah oleh penyidik KPK diantaranya adalah ruang Layanan pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan ruang Sekretariat Administrasi Gubernur.

Sejak pagi penyidik KPK berjumlah belasan orang masuk ke ruang LPSE di lantai tiga kantor tersebut. Penggeledahan dikawal ketat oleh anggota Brimob.

Penyidik KPK langsung menggeledah ruang Sekretariat Administrasi Gubernur setelah ruang LPSE. Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penggeledahan itu merupakan rangkaian pengusutan kasus pembangunan jalan. Febri menambahkan tempat tersebut digeledah karena diduga terdapat bukti yang relevan dengan kasus yang tengah ditangani KPK.

Proyek pembangunan jalan berasal dari dana Silpa APBD Papua tahun 2015. Kontrak pekerjaan melibatkan pihak swasta dan mulai dilakukan pengerjaan bulan September 2016.

Tiga bulan tahap pengerjaan yani pada bulan Desember 2016 anggaran pembangunan Rp 80 miliar diduga sudah dicairkan semua. Disisi lain pembangunan jalan masih belum selesai.

Kejanggalan dalam proyek pembangunan jalan ditemukan oleh tim audit. Atas hal itulah Bareskrim Polri melakukan penyelidikan tapi tidak berhasil sehingga kasus itu ditangani KPK.

KPK
Copyright ©Ist

Sebelumnya penyidik KPK dan Bareskrim Polri juga sudah melakukan penggeledahan di rumah Kepala Dinas PU Papua, Maikel Kambuaya serta kantor Dinas PU Provinsi Papua. Penggeledahan dilakukan hari Rabu 1 Februari 2017.

Dalam penggeledahan itu sejumlah dokumen diambil KPK menggunakan tiga koper. Selain melakukan penggeledahan ditempat yang berpotensi menyimpan bukti terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 kilometer, KPK juga sudah meerjunkan satuan tugas pencegahan.

Satuan tugas itu untuk memastikan anggaran negara yang dialokasikan untuk rakyat dapat diterima dengan baik oleh rakyat Indonesia di papua.

Baca Juga : Kala SBY Merasa Dirinya Sedang Disadap, Menkominfo : “Jangan Suudzon, Tabayun Dulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here