Berita Hari Ini : Mantan Pegawai Triyono Utomo Abdul Sakti Gabung ISIS, Kemenkeu Angkat Bicara

0
2181
ISIS
Copyright ©Unilad

Mantan Pegawai Triyono Utomo Abdul Sakti Gabung ISIS, Kemenkeu Angkat Bicara

Newsth.comSeorang pejabat dari Kementerian Keuangan Indonesia di deportasi dari Turkey. Hal tersebut dilakukan karena ada dugaan yang menyebutkan mereka akan bergabung dengan ISIS.

Keluarga menteri tersebut dideportasi dengan adanya usaha untuk menyelinap ke Suriah. Sontak kabar tersebut membuat heboh publik belakangan karena beritanya menyebar melalui media daring.

Keluarga Triyono Utomo Abdul Sakti ditangkap dan langsung dipulangkan menuju Indonesia karena dugaan keikutsrtaannye bersama ISIS. Hal tersebut juga diungkapkan oleh pejabat senior dari keamanan Indonesia.

Beberapa hari sebelum Triyono didepotasi setidaknya sudah ada 17 WNI yang dipulangkan menuju tanah air. Mereka juga diduga akan bergabung dengan kelompok radikal yang saat ini berada di Suriah.

Mantan pejabat tersebut dipulangkan bersama istri dan ketiga anaknya menuju Indonesia. Satu keluarga tersebut tiba dari Istambul pada penerbangan Emirates yang mendarat di Bali pada Selasa.

Setibanya di Indonesia satu keluarga tersebut langsung diamankan oleh pihak kepolisian Indonesia. Sementara belakangan diketahui keluarga mantan pejabat tersebut bertolak dari Indonesia pada 15 Agustus lalu.

Satu keluarga tersebut terbang menuju ke Thailand untuk menghindari tentang niat mereka untuk bergabung dengan ISIS. Setelah beberapa hari mereka lantas menuju Istambul untuk selanjutnya meneruskan perjalan menuju Suriah.

Akan tetapi saat berada di Istambul keluarga tersebut sempat bertemu dengan orang Indonesia dengan inisial ‘I’. Orang tersebut bertugas untuk membawa mereka tinggal dibeberapa kawasan di Turki.

ISISPihak Kemenkeu sendiri mengatakan telah mengetahui tentang penangkapan dan pemulangan keluarga Triyono. Nufrasa Wira Sakti selaku Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenkeu memberikan penjelasan tersebut.

Nufransa mengatakan jika mantan pejabat yang diduga akan bergabung dengan ISIS tersebut telah mengundurkan diri. Triyono disebut telah mengundurkan diri sejak tahun 2016 dengan alasan ingin mengurus anak yatim.

Karena alasan Troyono telah mengundurkan diri Kemenkeu tak akan memberikan bantuan hukum. Akan tetapi Nufransa mengatkan jika pihaknya akan menghormati jalannya prose hukum yang berlangsung.

baca juga :Kronologi Kecelakaan Maut Truk Lindas 4 Pejalan Kaki di Yerussalem, Pelaku Pendukung ISIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here