WOW, Nonton Youtube Sekarang Bisa Tanpa Internet Lho !!

0
3136
Youtube

WOW, Nonton Youtube sekarang bisa tanpa internet lho !!

Newsth.com- Youtube merupakan layanan berbagi video yang dikembangkan oleh Google. Saat ini Youtube telah menjadi layanan berbagi video terbesar, dimana di dalamnya sudah tersimpan jutaan video dari seluruh penjuru dunia.

Para penikmat video di Youtube sendiri membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, untuk dapat menikmati video di Youtube dengan nyaman.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Google memperkenalkan pemutaran video secara offline bagi pengguna aplikasi YouTube di smartphone Android. Kemampuan memutar video tanpa koneksi internet tersebut baru tersedia di negara Indonesia, India, dan Filipina.

Menurut postingan di blog resmi Google Asia Pasifik, upaya tersebut dilakukan untuk memperbanyak konten-konten populer YouTube di ketiga negara tersebut, tanpa koneksi internet.

Pada prinsipnya, YouTube akan menyimpan file cached dari video tersebut saat pengguna masih terhubung dengan internet. Video tersebut akan disimpan dalam perangkat Android selama 48 jam untuk diputar secara offline, sehingga pengguna tetap bisa menikmati video walau tanpa koneksi internet.

youtube ofline

Namun, tidak semua video di Youtube dapat didukung fitur tersebut. Video-video yang mendukung pemutaran offline akan ditandai dengan ikon khusus yang begitu di-tap, akan menawarkan pilihan kualitas pemutaran video yang bisa dipilih untuk disimpan.

Sistem fitur pemutaran video Youtube secara offline ini bisa dibilang seperti halnya mendownload video tersebut sehingga bisa ditonton secara offline.

Google beranggapan, negara Indonesia, India, dan Filipina dipilih karena ketiga negara tersebut dianggap memiliki peranan penting dalam hal mobile internet. Selain itu, di tiga negara tersebut, masih sedikit yang berlangganan data dalam jumlah besar, dan koneksi internet yang belum merata.

Google dalam postingan blog-nya menuliskan, bahwa Asia membuktikan dirinya sebagai dunia yang sangat mobile dalam hal penggunaan smartphone, namun yang menjadi tantangan adalah akses data yang kencang dan terjangkau yang belum merata.

Karena itulah Google mencari cara untuk mengatasi kendala tersebut bagi pengguna produknya di negara-negara yang memiliki akses terbatas.

Fitur terbaru dari Google sangat bagus, mengingat bandwidth internet yang ditawarkan oleh penyedia layanan ISP kecil dan harganya tergolong mahal.

Dengan adanya fitur pemutaran video Youtube secara offline ini, penikmat Youtube dapat lebih menghemat jumlah paket data saat menonton video Youtube berulang kali.

BACA JUGA : ANDROID DAN OS CHROME AKAN DIGABUNGKAN MENJADI OS BARU, APAKAH ITU ?

Penulis berita di Newsth.com yang ingin berbagi informasi tentang perkembangan teknologi saat ini.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY