Teknologi Canggih dan Modern Bantu Anda Belajar Bahasa Inggris

    0
    378
    cari guru privat

    Menguasai bahasa asing minimal satu saja pasti menjadi impian semua orang. Bukan hanya di Indonesia, kemampuan menguasai bahasa lain juga diperlukan di berbagai negara. Jika di negara kita, bahasa inggris adalah salah satu kemampuan yang mendesak karena bahasa inggris merupakan bahasa yang digunakan secara global. Di negara asli yang menggunakan bahasa inggris, menguasai bahasa asing juga sangat diperlukan karena ada banyak sekolah yang memberikan pelajaran bahasa asing seperti Cina dan Spanyol. Mempelajari bahasa asing sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada orang yang berkali-kali kursus namun masih merasa tidak percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Ada juga orang yang tidak memiliki waktu sama sekali sehingga tidak pernah mengambil kursus untuk mempelajari bahasa inggris. Jika Anda ingin belajar sendiri, mungkin Anda tidak perlu merasa bingung karena kini terdapat metode pembelajaran bahasa Inggris dengan memanfaatkan internet.

    Belajar Bahasa Inggris dengan Teknologi E-Learning

    Sekarang kita sudah hidup dalam era teknologi yang canggih dengan semua hal yang instan dan cepat. Perkembangan teknologi memang mengubah kehidupan semua orang, begitu juga dengan metode pendidikan. Mungkin Anda sudah mengetahui tentang istilah E-banking yang digunakan sebagai ICT untuk perbankan. Selain itu, ada juga yang disebut dengan E-commerce sebagai ICT untuk perdagangan, dan masih banyak lagi. Anda pasti juga tahu tentang E-learning sebagai ICT untuk pembelajaran. Pada abad ini, tantangan dalam dunia pendidikan adalah menciptakan knowledge based society dan untuk mewujudkan hal tersebut, kita memerlukan E-learning.

    E-learning merupakan metode pembelajaran yang menerapkan atau menggunakan teknologi komunikasi serta informasi. E-learning sebenarnya mempunyai artian yang luas dan banyak ahli yang mengartikan E-learning dalam berbagai variasi. Encarta menyebutkan bahwa E-learning adalah penerimaan ilmu pengetahuan dan keahlian dalam menggunakan teknologi seperti komputer yang digabungkan dengan pembelajaran dengan menggunakan internet dalam jaringan lokal dan jaringan yang lebih luas. Jadi, E-learning merupakan cara pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi. Dalam bahasa inggris istilah ini disebut dengan ICT (Information and Communication Technology).

    Dalam bidang pendidikan, peran ICT adalah menjadi alat untuk melakukan proses pembelajaran yang lebih efisien, efektif, dan tetap menyenangkan. Jika seorang guru mampu memanfaatkan ICT dengan baik, maka guru tersebut dapat menjadi teman belajar, pengarah, pelatih, mentor, kolaborator, dan fasilitator kepada semua muridnya. Siswa juga dapat mengalami sendiri proses belajar yang menyenangkan. ICT dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk menyampaikan materi dengan mudah.

    E-learning untuk belajar bahasa inggris yang digunakan oleh guru juga dapat memberikan manfaat untuk siswa sebagai berikut:

    • Siswa bisa menjadi partisipan yang aktif karena siswa akan melakukan interaksi dengan memanfaatkan teknologi seperti ujian online, tanya jawab secara online, dan masih banyak lagi.
    • Siswa juga dapat menghasilkan dan sharing keterampilan atau pengetahuan dan melakukan partisipasi yang lebih banyak seperti seorang ahli.
    • Siswa juga mampu belajar secara kolaboratif dengan siswa yang lain.

    Metode ini mampu membuat siswa menjadi lebih mandiri karena mereka akan berusaha untuk mencari sendiri hal yang tidak dimengerti dan tidak bergantung dengan guru.

    Teknologi Canggih dari Skype untuk Belajar Bahasa Inggris

    cari guru privat

    Mungkin Anda sudah banyak membaca ulasan tentang cara pintar untuk bisa berbicara bahasa inggris. Namun ternyata ada satu tips jitu yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris Anda. Cara yang paling cepat agar dapat menguasai bahasa inggris adalah mempraktekkan langsung. Jika Anda fokus untuk dapat berbicara secara aktif, maka Anda harus berlatih dengan berbicara dalam bahasa inggris.

    Kendala yang selalu dihadapi saat mempelajari bahasa inggris di Indonesia adalah banyak orang yang tidak menghargai usaha kita saat ingin belajar bahasa inggris. Daripada Anda mendapatkan cemoohan, sebaiknya Anda berbicara langsung dengan native speaker atau orang yang memang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama mereka. Ada beberapa kampus di Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah Amerika Serikat sehingga mahasiswa di kampus tersebut bisa berbicara langsung dengan native speaker. Selain itu, pemerintah Amerika Serikat biasanya juga memberikan beasiswa Fullbright untuk para dosen atau mahasiswa di kampus tersebut sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan di kampus terkenal yang ada di Amerika Serikat. Ada juga bantuan pertukaran dosen. Pemerintah Amerika Serikat akan mengirim dosen dari Universitas yang sudah ditunjuk supaya bisa mengajar mahasiswa yang berada di jurusan sastra dan bahasa inggris.

    Jika Anda berkuliah di salah satu kampus tersebut, mungkin Anda akan sangat beruntung. Namun ada cara lain untuk mempelajari bahasa inggris. Kuncinya adalah menggunakan teknologi bernama Voice over Internet Protocol (VoIP). Apakah Anda pernah membaca atau mendengar tentang teknologi tersebut. Secara singkat teknologi ini dapat mengirimkan suara melalui koneksi internet. Salah satu aplikasi atau situs yang menggunakan teknologi ini disebut dengan Skype. Situs Skype menjadi terkenal bersamaan dengan munculnya teknologi VoIP.

    Anda dapat menelepon dengan gratis di mana saja, dengan siapa saja, dan kapan saja jika teman Anda tersebut juga menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sebenarnya masih mempunyai kekurangan jika digunakan di Indonesia karena aplikasi ini sangat bergantung dengan kecepatan koneksi internet dan kecepatan internet di negara kita ini tidak secepat koneksi yang ada di luar negeri. Hasilnya, suara yang diterima dari VoIP menjadi putus-putus. Namun, sekarang kondisi sudah banyak berubah karena berbagai Internet Service Provider sudah mampu menampilkan simbol Skype dalam produknya sehingga IPS tersebut sudah mampu menjamin bahwa keperluan Anda untuk melakukan interaksi menggunakan Skype tidak akan tersendat. Bahkan salah satu website juga sudah menggunakan Skype untuk semua orang yang ingin belajar bahasa inggris yakni Preply.com. Anda juga dapat cari guru privat di preply.com untuk bahasa internasional lainnya tidak hanya bahasa inggris.

    Saat Anda menggunakan Skype untuk berbicara bahasa inggris, maka Anda harus meluangkan uang dan waktu karena tagihan internet Anda akan membengkak. Anda harus membatasi waktu belajar yang sudah disepakati dengan tutor. And akan lelah ketika menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berbicara menggunakan Skype, selain itu tutor Anda juga tidak hanya melayani Anda, mereka juga harus berbicara dengan siswa lain yang juga ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka.

    Jangan lupa untuk memilih tempat yang nyaman saat Anda ingin belajar melalui Skype karena kondisi yang ramai atau terlalu bising akan membuat Anda terganggu dan sulit untuk memahami apa yang diajarkan oleh tutor tersebut. Bukan hanya Anda yang akan merasa kesal, namun tutor Anda juga akan kesal karena Anda dianggap tidak menghargai mereka yang mau membantu Anda agar Anda bisa lancar berbicara dengan bahasa inggris yang benar. Semua tutor adalah native speaker yang memang mempunyai keahlian untuk mengajarkan Anda bahasa inggris dan mampu memberikan tips untuk meningkatkan nilai tes bahasa inggris Anda.



    Upgrade And Update

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY