Jangan Abaikan Aturan Main Kartu Kredit ini – Bisa Bahaya!

0
1849

Jangan Abaikan Aturan Main Kartu Kredit ini – Bisa Bahaya!

Di Indonesia, penggunaan kartu kredit memang belum begitu sesemarak di luar negeri. Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah penggunanya telah meningkat. Pengajuan kartu kredit pun tidak sesulit dulu. Para marketing kartu kredit sendiri ‘berburu’ calon pengguna, baik di kantor cabang bank hingga mall-mall. Setiap kali memperoleh nasabah, mereka akan dapat komisi. Tak jarang, pengajuan kartu kredit pun semakin dimudahkan.

Sebagai nasabah yang cerdas, kita pun harus paham beberapa bahaya dan konsekuensi yang bisa membayangi kita apabila memperoleh kartu kredit. Pengajuan memang mudah apalagi penggunaannya. Namun, bagaimana dengan pelunasan tagihan per bulannya? Yakinkah Anda dapat menggunakan kartu kredit  dengan bijak? Memahami dan tidak mengabaikan aturan main kartu kredit adalah sesuatu yang mutlak!

Anda tidak mau rugi karena kartu kredit, bukan? Lah, awal Anda membuatnya juga ingin untung, ya. Promo kartu kredit memang sangat menarik dan tak jarang menguntungkan nasabah. Jadi, menggunakan kartu kredit bisa jadi sebagai salah satu bentuk penghematan.

Perhatikan Aturan Main Kartu Kredit Berikut ini

Nah, mari kita lihat aturan main kartu kredit berikuti ini, apa-apa saja yang harus dan tidak Anda lakukan.

  1. Privasi data kartu kredit

Anda perlu pahami bahwa kartu kredit fisik tersebut ‘mengandung’ angka-angka sensitif yang sangat pribadi. Jadi, pastikan kartu kredit selalu dalam pengawasan Anda. Sebagai informasi saja, dengan hanya memperoleh nomor kartu kredit serta tiga angka di belakang kartu kredit (CVV) saja, seseoran sudah bisa menggunakan kartu kredit untuk belanja online – meskipun tak memegang kartunya.

Bagaimana caranya agar terhindar dari orang yang coba ‘mengintip’ tiga angka tersebut? Anda bisa menempelkan lakban atau selotip angka di belakang. Tiga angka tersebut dapat Anda hafalkan atau catat di tempat yang aman. Ingat, pastikan Anda menyimpan nomor tersebut di tempat aman, bukan sembarangan. Begitu juga dengan nomor pin Anda.

  1. Jangan terlambat membayar tagihan

Bukannya untung, malah buntung. Ini akan Anda alami kalau Anda terlambat membayar tagihan melampaui tanggal jatuh tempo yang sudah ditetapkan. Tagihan semula akan ditambah bunga kartu kredit beserta biaya keterlambatan yang tak sedikit.

Sebagai contoh, Kartu Kredit BCA menerapkan bunga sekitar 2,90% atau 2,95%. Kemudian, biaya keterlambatan ditagih sekitar 3% dari total tagihan atau minimum Rp 150.000. Angka yang cukup memberatkan!

  1. Pastikan Anda mampu membayar tagihan

Kartu kredit memang cukup menggoda apalagi di kala tak ada uang  tunai. Ketika melihat promo menarik, tak jarang kita digoda untuk menggunakan kartu kredit. Tak salah bagi Anda berbelanja apapun itu – asalkan Anda mampu membayar tagihan nantinya. Perlu dicatat bahwa kartu kredit adalah kartu pembayaran yang digunakan untuk menunda pembayaran. Anda tetap akan membayar, hanya saja ditunda sampai waktu tertentu.

Apakah Anda akan berbelanja menggunakan kartu kredit atau bahkan tarik tunai sekalipun, tak salah – asalkan aturan main ini bisa Anda pahami. Melakukan pembayaran minimum pun tak salah, namun Anda malah merugi, bukan? Pengeluaran Anda bukan malah hemat malah membengkak. Oleh karena itu, pastikan diri Anda memang mampu membayar tagihan yang datang setiap bulannya. Dengan begitu, penggunaan kartu kredit akan memberikan efek positif bagi kondisi finansial Anda.

Silakan ajukan kartu kredit selama Anda penuhi syarat, kemudian silakan gunakan namun pastikan untuk bijak dalam pelaksanaannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY